5 Fakta Mengagumkan Pulau Kalimantan

5 Fakta Mengagumkan Pulau Kalimantan

1. Pulau Terbesar ke 3 di Dunia

Pulau Kalimantan

Fakta unik pertama adalah ternyata dengan luas 743.330 Km², Kalimantan menempati urutan ke 3 di daftar pulau terbesar di dunia. Siapa sangka,Kalimantan selain dikenal sebagai  pulau yang kaya akan kekayaan alam, ternyata juga tercatat sebagai  salah satu pulau paling besar.
Indonesia memang dikenal mempunyai banyak pulau besar, tak heran jika di jajaran pulau terbesar di dunia, selain Kalimantan masih ada 4 pulau lain yang masuk 15 besar. Yakni, pulau Papua di urutan ke 2, Sumatera di urutan ke 6, Sulawesi di urutan ke 11, dan Jawa di posisi 13.

2. Nama Lain Kalimantan Borneo
Pada masa penjajahan, kolonial  Inggris dan Belanda memakai kata Borneo sebagai nama dari pulau ini. Sedangkan pribumi cenderung memilih penggunaan nama Kalimantan.

3. Mempunyai Banyak Hewan dan Buah Endemik

Orang Utan

Hutan Kalimantan ialah habitat alami bagi hewan orang utan, bekantan, gajah borneo, badak borneo, landak, rusa, tapir dan beberapa spesies yang terancam punah. Dan terdapat beberapa buah langka endemik khas Kalimantan.

4. Mempunyai Banyak Hutan Tropis

HutanTropis diKalimantan

Kalimantan mempunyai banyak sekali hutan tropis, bahkan disinyalir ada hutan hujan tropis tertua di dunia berusia 130 juta tahun yang berada di Kalimantan. Meskipun kini banyak hutan tropis yang rusak karena penebangan liar.

5. Pulau yang Aman dari Gempa
Dari sekian pulau di Indonesia, ada sebuah pulau besar yang tergolong aman dari gempa, pulau tersebut adalah Kalimantan. Pulau Kalimantan hanya berdekatan dengan lempeng gempa yang berada di selat makassar, itupun hanya sebagian pulau Kalimantan yang berada di luar sehingga potensi gempa di Kalimantan sangat kecil .

Sumber:akhdiyatjaka

No comments:

Post a Comment