5 Fakta Unik Jendral Sudirman

5 Fakta Unik Jendral Sudirman

Sebelum membahas fakta unik Jendral Sudirman,saya akan membahas sedikit profil tentang Jendral Sudirman .Nama lengkap Jendral Sudirman adalah Raden Soedirman yang lahir pada 24 Januari 1916,Beliau terlahir dari pasangan rakyat biasa di Purbalingga.Jendral Sudirman menjadi panglima besar Tentara Nasional Indonesia pertama dan menjabat  perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia.Itulah sedikit profil Jendral Sudirman.Yuk sekarang  kita membahas fakta unik tentang Jendral sudirman.

1. Patung Jenderal Sudirman di Jepang
Para pecinta sejarah Indonesia kamu tahu nggak bahwa ada patung Jendral Sudirman di Jepang yang terletak didepan kementrian Pertahanan Tokyo.Patung Jendral ini memiliki tinggi sekitar 4 meter dan terbuat dari perunggu.

Patung Jendral Sudirman di Jepang
Masyarakat Jepang sangat mengagumi Jendral Sudirman ,buktinya yaitu pada saat 17 Agustus diadakan karangan bunga oleh kelompok masyarakat Jepang pecinta Indonesia .Salah satu Duta Besar Indonesia untuk Jepang yaitu Bapak Yusron Ihza Mahendra juga menghadiri upacara tersebut.
Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga akan perjuangan Jendral Sudirman hingga beliau terkenal sampai ke Jepang sebagai Pahlawan bangsa.

2. Tiga Jimat Jendral Sudirman  saat Perang Gerilya
Pada Perang Gerilya Jendral Sudirman memiliki 3 jimat yang membawanya kepada kemenangan melawan penjajah .3 jimat Jendral Sudirman adalah


  • Shalat Tepat Waktu
Jendral Sudirman selalu sholat tepat waktu ,beliau akan meninggalkan apapun pada saat waktu sholat tiba .Kita patut mencontoh  Jendral Sudirman pada saat berperang tetap menjalankan kewajibanya terhadap sang pencipta.
  • Mempertahankan Wudhunya
Sebelum berangkat berperang  Jendral Sudirman selalu berwudhu dahulu ,Beliau selalu dalam keadaan suci ,disaat wudhunya batal beliau langsung mengambil air wudhu kembali.
  • Niat Tulus dan Ikhlas
Jendral Sudirman memiliki niat tulus dalam menjalani pertempuran demi kepentingan rakyat Indonesia .Hal ini dibuktikan oleh semangatnya walau beliau sakit parah ,beliau masih berjuang untuk Indonesia.


3. Jendral Sudirman memimpin perang hanya dengan 1 paru-paru

Jendral Sudirman pada saat ditandu

Pada saat memimpin perang Jendral Sudirman mempunyai penyakit TBC parah yang mengakibatkan beliau kehilangan satu paru-parunya ,walaupun mempunyai satu paru-paru Jendral Sudirman tetap memimpin perang dengan ditandu.
Akibat  penyakit TBC yang diderita Jendral Sudirman ,beliau wafat pada 29 Januari 1950 atau berselang satu bulan setelah Belanda mengakui Kemerdekaan Negara Republik Indonesia di KMB (Konferensi Meja Bundar).


4. Jendral Sudirman menjadi Panglima Besar pada Usia 29 Tahun

Jendral Sudirman

Pada saat Jendral Sudirman berusia 29 Tahun beliau diangkat  menjadi Panglima Besar TKR (saat ini TNI)pada tanggal 18 Desember  1945. Jendral Sudirman adalah Panglima Besar termuda dimiliki Indonesia yang tercatat dalam sejarah Republik Indonesia .Saya berpikir ini adalah rekor yang sulit dicapai oleh Jendral manapun di Indonesia.


5. Jendral Sudirman adalah Seorang Guru
Jendral Sudirman adalah lulusan Hollands Inlandse School (H.I.S) setelah lulus,beliau melanjutkan ke Taman Dewasa atau disebut SLTP di Purwokerto dan dilanjutkan belajar di sekolah guru (H.I.K) Muhammadiyah di Solo ,karena suatu alasan beliau terpaksa menghentikanya .Beliau kembali ke Cilacap dan menjadi guru di (H.I.S) Muhammadiyah di Cilacap.


Sumber:infindonesia

No comments:

Post a Comment