5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Bung Tomo

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Bung Tomo

1. Tidak Tamat Sekolah Secara Resmi


Gambaran sekolah jaman dulu

Bung Tomo dilahirkan di keluarga kelas menengah. Ia harus bekerja sambil sekolah, pada kala itu terjadi krisis yang melanda Hindia Belanda. Untuk tetap hidup, Bung Tomo dan keluarganya harus bekerja keras.
Karena harus melakukan berbagai pekerjaan, Bung Tomo harus meninggalkan pendidikan MULO nya. MULO adalah pendidikan setingkat SMP.Namun ternyata belakangan diketahui bahwa Bung Tomo berhasil menyelesaikan pendidikan HBS nya melalui korespondensi, namun tidak lulus secara resmi.
HBS adalah pendidikan menengah pada zaman penjajahan Belanda. Pendidikan di HBS berlangsung selama 5 tahun sehingga setara dengan SMP+SMA. Biasanya diperuntukan khusus untuk orang Belanda, Eropa atau Elite Pribumi. Bahasa pengantarnya adalah Bahasa Belanda.Bung Tomo aktif dalam organisasi kepanduan yang memberikanya paham nasionalis perjuangan yang tinggi, sehingga dari kegiatan organisasi tersebut beliau merasa mendapat pengganti dari pendidikan formal.

2. Sering Dicela

Bung Tomo

Tak ada yang ragu dengan kemampuan berpidato Bung Tomo. Suara memekiknya sangat khas dan bisa membakar semangat orang banyak. Namun ternyata beliau sering dicela oleh banyak orang.
Penyebabnya adalah karena beliau hanya lulusan sekolah rendah kaum pribumi di Surabaya. Beliau banyak dihina orang-orang intelektual, para pencela ternyata juga para pejuang sesama dari Surabaya.

3. Pidato Didahului Lagu Tiger Shark
Hal ini disampaikan oleh Moechtar pemimpin redaksi Penjebar Semangat, majalah berbahasa kala itu. Saat itu ia memiliki kebiasaan setiap sore hari yaitu, mengeluarkan radio untuk didengarkan bersama.
Ia menggambarkan ketika itu lagu berjudul tiger shark diputar. Namun begitu intro lagu selesai diputar, tiba-tiba muncul teriakan Bung Tomo yang memekikan takbir. Kemudian pidato bersejarah itu muncul.

4. Skripsi Selesai Namun Tidak Lulus UI

Universitas Indonesia

Walaupun hanya lulusan sekolah pribumi rendahan, Bung Tomo ternyata bisa kuliah di Universitas Indonesia. Beliau masuk di fakultas ekonomi pada tahun 1959, ketika itu beliau berumur 39 tahun.
Beliau tidak pernah mulus dalam menjalani masa kuliahnya, beliau tetap aktif dalam pergerakan mahasiswa. Terutama ketika beliau menentang komunisme.
Setelah 9 tahun kuliah, akhirnya beliau masuk masa pembuatan skripsi. Skripsi beliau adalah tentang pembangunan ekonomi di pedesaan.Sebelum berangkat naik haji, beliau sudah menyelesaikan skripsinya. Namun skripsinya tersebut tidak pernah diujikan. Beliau meninggal saat wukuf di padang Arafah pada 7 Oktober 1981.

5. Wafat di Mekah

Ka'bah diMasjidil Haram

Bung Tomo dikenal dengan orang yang religius. Beliau dikenal dengan orang yang sangat bersungguh-sungguh menerapkan ajaran agama namun tidak mau dianggap sebagai orang saleh atau pemuka agama.
Beliau wafat di Mekah ketika sedang wukuf di padang Arafah. Jenazahnya dibawa pulang dan dimakamkan di pemakaman umum biasa sesuai amanahnya.Kendati telah berjasa sejak lama, gelar kepahlawanan beliau baru diberikan pemerintah pada tahun 2008.
Walaupun telah lama wafat, semangat Bung Tomo akan selalu menjadi inspirasi rakyat Indonesia untuk terus berjuang demi bangsa dan negara.

Sumber:satujam

1 comment:

  1. Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
    Menghadirkan IDN poker ....

    Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
    1. Texas Poker
    2. Omaha Poker
    3. Domino QQ
    4. Ceme Keliling
    5. Bandar Ceme
    6. Capsa Susun
    7. Bandar Capsa
    8. BIG 2

    Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
    Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    ReplyDelete