5 Fakta Unik Tentang Papua

5 Fakta Unik Tentang Papua

1.Penduduk Papua yang Bermacam-macam


Keberagaman suku diPapua

 Menurut sebuah data, jumlah penduduk asli Papua adalah 52%, sedangkan non-papua adalah 48%. Jumlah ini membuat perbandingannya hampir fifty-fifty, karena itulah budaya Papua sangat beragam.
Jika kamu tinggal di Papua, kamu akan memahami sedikit budaya Sulawesi, Maluku, Jawa, dll. Karena penduduk yang berasal dari daerah itu sangat banyak, daerah Papua dibagi menjadi 3 provinsi dengan beberapa kabupaten. Kerukunan beragama pun sangat terasa di Papua, toleransi dan tenggang rasa antar masing-masing penganutnya membuat Papua menjadi tempat yang kondusif untuk beribadah.

2. Sempat Menjadi Daerah Perang Saat Perang Dunia 2

Sisa peninggalan perang dunia 2 di Papua

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Papua sempat menjadi daerah perang Pasifik di tahun 40an. Pulau Papua yang sangat besar itu menjadi rebutan antara tentara sekutu (yang dipimpin Amerika) dan Jepang.Banyak sekali bekas-bekas peninggalan kendaraan perang dan senjata di Papua, yang menjadi saksi bisu sejarah di sana. Kalung pengenal tentara Amerika yang meninggal di sana menjadi souvenir unik bagi pemuda Papua di tahun 90an. Mereka menemukannya dengan cara menggali tanah.

3.Batik

Batik Papua

Papua juga punya batik loh. Biasanya coraknya khas dengan kekayaan alam Papua seperti burung cenderawasih, ukiran patung, dll.Teknik pembuatannya pun sudah modern, harganya cukup relatif. Biasanya batik ini digunakan di sekolah-sekolah atau kantor pemerintah.

4.Noken

Tas tradisional Papua

Noken adalah sebuah tas unik khas Papua yang terbuat dari benang atau anyaman kulit kayu. Menjadi perlengkapan “wajib” bagi orang-orang di sana untuk menenteng bawaan.Biasanya hasil kebun, kayu, dll. Wanita-wanita Papua biasanya menggunakan Noken di kepala mereka. Tas ini diakui Unesco sebagai warisan dunia asli Papua.

5.Salju

Gunung Puncak Jayawijaya

Papua punya salju! Tepatnya berada di daerah puncak Jaya di pegunungan Cartenz. Puncak ini adalah puncak tertinggi di Indonesia. Sudah banyak ekspedisi pecinta alam yang berhasil naik sampai ke atasnya dan menikmati salju di daerah khatulistiwa.

Sumber:bombastis

1 comment:


  1. Anda suka bermain Poker?
    Tapi jarang menang setiap bermain?

    Terlebih di agent tidak menyediakan bonus harian bahkan mingguan

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    ReplyDelete